Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres II Sidondo Pada Pelajaran PKn

Suciati Suciati, Abduh H. Harun, Imran Imran

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III SD Inpres 2 Sidondo pada pelajaran PKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas rancangan penelitian model Kurt Lewin. Penelitian dilakukan selama 2 siklus, dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Sidondo pada mata pelajaran PKn, yaitu: siklus I rata-rata 66,47, ketuntasan klasikal 64,71%, meningkat pada siklus II mencapai rata-rata 85,29 dan ketuntasan klasikal mencapai 88,24%. Keberhasilan penelitian didukung oleh aktivitas guru pada siklus I dengan kategori baik, siklus II kategori sangat baikĀ  dan aktivitas siswa siklus I kategori cukup dan siklus II kategori baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres 2 Sidondo pada pelajaran PKn.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Metode Diskusi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung