https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pecahan Biasa Dan Campuran Di Kelas IV SDN 2 Sintuwu | Haryanto | Jurnal Kreatif Online

Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pecahan Biasa Dan Campuran Di Kelas IV SDN 2 Sintuwu

Haryanto Haryanto, Dasa Ismaimuza, Anggraini Anggraini

Abstract


Permasalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa tentang konsep pecahan biasa dan campuran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan meningkatkan  hasil belajar siswa pada konsep pecahan biasa dan campuran menggunakan alat peraga berupa potongan-potongan kertas di arsir mewkili pecahan yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil pada siklus I, ketuntasan belajar klasikal 71.42%, dan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal 100%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 berada pada kategori kurang sedangkan pertemuan 2 berada pada kategori cukup, dan pada siklus II pertemuan 1 berada dalam kategori baik sedangkan pertemuan 2 berada kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas Guru pada siklus I pertemuan 1 berada dalam kategori kurang sedangkan dipertemuan 2 berada pada kategori cukup, dan pada siklus II pertemuan 1 berada pada kategori baik sedangkan pada pertemuan 2 berada dalam kategori baik. Hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan alat peraga pada konsep pecahan biasa dan campuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.kelas IV SDN 2 Sintuwu.

Kata kunci: penggunaan alat peraga, hasil belajar, konsep pecahan biasa dan campuran


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung