Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Melalui Metode Latihan Terbimbing Di Kelas 2 SDN Taipanggabe

Iin Iin

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas. Terdiri beberapa aspek perlakuan dan pengamatan utama yaitu  peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode global yang dilaksanakan  di SDN Taipanggabe, melibatkan 15 orang siswa terdiri atas 7 orang perempuan dan 8 orang laki-laki yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014, menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi pratindakan, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini diakukan dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh rata-rata kemampuan siswa membaca permulaan mencapai 66% dan kemampuan siswa membaca secara klasikal 54%. Pada tindakan siklus II terjadi peningkatan daya serap kemampuan membaca permulaan mencapai 87% sedangkan kemampuan membaca secara klasikal 93%. Dengan demikian dapat dismipulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode global dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas 2 SDN Taipanggabe.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Global


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung