https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode STAD Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Bobo | Erwin | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode STAD Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Bobo

Erwin Erwin, Nuraedah Nuraedah, Zulnuraini Zulnuraini

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Bobo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dimana hasil observasi menunjukan masih adanya kekurangan-kekurangan dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Pada Tahun Pelajaran 2014/2015 semester satu, dari 20 orang siswa yang mengikuti tes awal ada 14 orang siswa yang belum memenuhi KKM, sesuai dengan KKM mata pelajaran IPS untuk kelas IV SDN Bobo yaitu 65. Kenyataan yang terjadi di SDN Bobo proses pembelajaran IPS di kelas IV tidak berlangsung dengan cukup baik, guru belum mampu membimbing siswa secara mandiri melalui kuis serta tidak memperhatikan skor evaluasi kemajuan siswa diakhir pertemuan. Berdasarkan hal ini, maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pada pelaksanaan siklus satu, hasil belajar siswa kurang memuaskan terlihat dari 20 orang siswa yang mengikuti pembelajaran ada 11 orang siswa yang belum tuntas. Ini membuat peneliti melakukan refleksi terhadap penelitian yang dilaksanakan sehingga peneliti menemukan beberapa hal yang akan diperbaiki pada pelaksanaan siklus dua. Pelaksanaan siklus dua memberikan hasil yang baik, dimana aktifitas guru dan siswa yang diamati menggunakan lembar observasi memperlihatkan bahwa peran guru dan siswa dalam proses pembelajaran pun baik, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa baik. 20 orang siswa yang mengikuti proses pembelajaran ada 18 orang siswa tuntas pada siklus dua dengan persentase KBK 90 % atau dengan kategori baik. Ini menunjukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Bobo.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode STAD, IPS


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung