Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD BK Poluroa Melalui Media Kartu Huruf

Nunung Nunung

Abstract


Permasalahan utama dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD BK Poluroa melalui media kartu huruf?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD BK Poluroa melalui media kartu huruf. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SD BK Poluroa tahun pelajaran 2014/2015. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD BK Poluroa yang berjumlah 17 orang siswa, 9 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan materi pelajaran yang diajarkan adalah membaca permulaan. Hasil observasi kegiatan siswa dalam pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata cukup, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sangat baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I memperoleh nilai 64,70%. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus II memperoleh nilai 94,12%, terdapat peningkatan sebesar 29,42% dari persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian dengan persentase ketuntasan belajar klasikal minimal 80% dan proses pembelajaran diperoleh hasil observasi kegiatan siswa dalam pembelajaran berdasarkan lembar observasi minimal rata-rata dalam kategori baik, sehingga penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD BK Poluroa.

Kata Kunci: Membaca Permulaan, Media Kartu Huruf


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung