https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas IV SDN Batuoge | Bintara | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas IV SDN Batuoge

Komang Adi Bintara, Lilies Lilies, Muchlis Djirimu

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Batuoge dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, (4) refleksi. Keempat tahapan ini dilaksanakan secara sinergis dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 64% dan nilai rata-rata dan nilai rata-rata hasil belajar siswa 71,17.Hasil observasi aktivitas guru sebesar 40% dan observasi aktivitas siswa pertemuan pertama sebesar 59,37%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 88% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa 78,38%. Hasil observasi aktivitas guru pertemuan pertama sebesar 60%, pertemuan kedua sebesar 62,5% dan observasi aktivitas siswa pertemuan pertama sebesar 59,3%, pertemuan kedua sebesar 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa pemelajaran pada siklus II telah memenuh indicator keberhasilan yang telah ditetapkan dengan nilai rata-rata hasil belajar minimal 70 dan ketuntasan klasikal sudah mencapai indicator keberhasilan minimal 80%.

Kata kunci: Model, pembelajaran langsung, observasi, refleksi, klasikal.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung