https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Silanga Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student-Team Achievement-Division | Haidar | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Silanga Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student-Team Achievement-Division

Haidar Haidar, Yusuf Kendek, Kamaluddin Kamaluddin

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penyebabnya adalah guru masih menerapkan metode pembelajaran yang belum dapat membuat siswa menjadi aktif dalam belajar, sehingga proses belajar menjadikan guru sebagai satu-satunya sumber informasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Silanga dan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student-Team Achivement-Division dengan tujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Silanga. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi dan hasil belajar siswa dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan menggunakan model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart.Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian, pada siklus I persentase hasil obervasi aktivitas guru mencapai rata-rata 70%, observasi aktivitas siswa mencapai rata-rata 75%, ketuntasan belajar klasikalmencapai 66,67%, dan serap klasikal 70,55%. Pada siklus II, hasil observasi aktivitas guru mencapai rata-rata 95%, demikian juga dengan hasil observasi aktivitas siswa mencapai rata-rata 95%, ketuntasan belajar klasikal mencapai 94,44%, dan daya serap klasikal mencapai 92%.  Berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student-Team Achievement-Division, hasil belajar siswa kelas IV SDN Silanga pada mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan.

Kata kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA, Student-Team Achievement-Division


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung