Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas I Melalui Metode Kupas Rangkai Suku Kata di SD Islam Terpadu (Persis)

Misnawati Yunus, Gazali Lembah, Ritman Ishak Puadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas I SD Islam Terpadu (Persis). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan di kelas 1 dengan metode kupas rangkai di SD Islam Terpadu (Persis). Jumlah siswa sebanyak 24 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru dan siswa, serta penilaian kemampuan siswa dalam membaca dan menulis permulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca dan menulis permulaan, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan analisis hasil penilaian kemampuan siswa yang diperoleh pada siklus I, yakni rata-rata hasil penilaian membaca adalah cukup dan hasil penilaian menulis rata-rata dalam kriteria baik, serta aktivitas siswa dalam kategori cukup. Pada siklus II siswa rata-rata memperoleh nilai sangat baik pada penilaian kemampuan membaca dan menulis permulaan, serta aktivitas siswa berada dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Kupas Rangkai dapat meningkatkna kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan di kelas 1 SD Islam Terpadu (Persis).

Kata kunci: Kemampuan membaca dan menulis pemulaan, Metode Kupas, Rangkai, Suku Kata


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung