Penggunaan Media Lingkungan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Di Kelas IV SDN 05 Biau

Agustina Agustina

Abstract


Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 05 BIAU pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 05 BIAU pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Subyek penelitian ini adalah 16 orang siswa kelas IV SDN 05 BIAU. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase sebesar 67.70% berada pada kategori kurang dan pada siklus II, diperoleh persentase sebesar 86.41% dan berada pada kategori baik. Pada hasil observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh persentase sebesar 67.70% dan berada pada kurang. Pada siklus II, hasil observasi aktivitas siswa diperoleh persentase sebesar 87.5% dan berada pada kategori baik. Dengan demikian aktivitas guru dan siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan kualitas dari kurang, cukup baik, baik sampai sangat baik. Hasil tes pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 62.5%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,5%. Ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian ini yaitu 75%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di kelas IV SDN 05 BIAU.

Kata Kunci: Media Lingkungan, Hasil Belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung