Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Dengan Penerapan Metode Belajar Kelompok Di Kelas IV SDN 2 Bokat

Mochlis Mochlis

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV melaluiĀ  SDN 2 Bokat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV berjumlah 16 orang. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi diperoleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran. Serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian siklus I diperoleh 2 kelompok masuk dalam kriteria baik, 1 kelompok dalam kriteria cukup dan 1 kelompok dalam kriteria kurang dengan daya serap klasikal 75,56%. Hasil observasi guru sesuai pengamatan diperoleh 65,63% dan hasil observasi siswa diperoleh 56,25%. siklus II diperoleh semua kelompok masuk dalam kriteria sangat baik dengan daya serap klasikal 96,87%. Hasil observasi guru sesuai pengamatan diperoleh 93,75% dan hasil observasi siswa diperoleh 90,63%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode belajar kelompok dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Kata Kunci: Minat Belajar, PKn, Belajar Kelompok.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung