Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Inti Tomoli

Mohamad Tofan, Suherman Suherman, Irwan Said

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran inquiri di kelas IV SDN Inti Tomoli. Adapun tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran inquiri di kelas IV SDN Inti Tomoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Inti Tomoli berjumlah 37 orang, terdiri dari 12 orang putri dan 25 orang putra. Data diperoleh dari tes hasil belajar siswa dan hasil observasi aktifitas siswa aspek afektif dan psikomotor serta lembar observasi aktifitas guru. Hasil analisis data tes evalausi belajar siswa, diperoleh jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 23 orang dengan ketuntasan belajar klasikal (KBK) 62.3% dan daya serap klasikal (DSK) 65.0%. Hasil tersebut mengalami peningkatan pada siklus II, dimana jumlah siswa yang tuntas menjadi 35 orang dengan persentase KBK sebesar 94.6% dan DSK sebesar 79.5%. Peningakatan juga terjadi pada hasil observasi aktifititas siswa aspek afektif dimana pada siklus I diperoleh persentase sebesar 58.9% pada kategori cukup, meningkat menjadi 82.4% kategori sangat baik. Aktifitas siswa aspek psikomotor pada siklus I diperoleh sebesar 51.1% kategori cukup meningkat menjadi 79.7% kategori baik. Aktifitas guru mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 64.5% kategori cukup meningkat menjadi 95.2% kategori sangat baik. Adapun kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut: model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Inti Tomoli.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiri, Hasil Belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung