https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penerapan Pendekatan Semiotik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas VII SMPN 4 Tanantovea | S.S. | Jurnal Kreatif Online

Penerapan Pendekatan Semiotik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas VII SMPN 4 Tanantovea

Irdan B. Laongko S.S.

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan pendekatan semiotik dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII SMPN 4 Tanantovea?” Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi penerapan teknik Semiotik yang dapat meningkatkan apresiasi dan kemampuan membaca puisi hasil siswa kelas VII SMPN 4 Tanantovea dalam pembelajaran membaca puisi. Metode yang di gunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, data yang disajikan secara kualitatif dan kuantitatif melalui langkah-langkah pengumpulan, pengolahan, penganalisaan, dan penyajian data dengan teknik observasi dan evaluasi. Adapun pelaksanaannya menggunakan strategi melalui empat tahap yakni: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes awal terlebih dahulu kepada 23 orang siswa untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca puisi. Dari hasil tes awal diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 9 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 14 orang. Selanjutnya peneliti menindaklanjuti ke siklus I dengan menggunakan pendekatan semiotik. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas 11 orang (48%). Setelah dilakukan tindakan dengan beberapa kali perbaikan dari refleksi siklus I maka hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas 20 orang (87%), maka peneliti tidak menindaklanjuti ke siklus selanjutnya. Ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan semiotic dalam pembelajaran puisi dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi.

Kata Kunci: Pendekatan Semiotik, Kemampuan Membaca Puisi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung