Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Inti Pembina Ampibabo Materi Menghitung Keliling Segitiga Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing

Rusmiati Rusmiati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Inti Pembina Ampibabo pada siswa kelas IV yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran penemuan terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Inti Pembina Ampibabo pada materi menghitung keliling segitiga. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data difokuskan melalui observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas 9 orang (45%), sedangkan siklus II 17 orang dan telah mencapai (85%). Ini membuktikan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran penemuan terbimbing, hasil belajar, keliling segitiga.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung