https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penerapan Metode Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TSM SMK Negeri 1 Parigi Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel | Angraeni | Jurnal Kreatif Online

Penerapan Metode Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TSM SMK Negeri 1 Parigi Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Fevi Angraeni

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan metode Polya dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TSM SMK Negeri 1 Parigi ?” Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi penerapan metode Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TSM SMK Negeri 1 Parigi dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV. Metode yang di gunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, data yang disajikan secara kualitatif yang diperoleh dari aktivitas siswa dan aktivitas guru berupa data hasil observasi dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir tindakan setiap siklus yang diberikan kepada siswa. Adapun alur tiap siklus dalam penelitian ini meliputi: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes awal terlebih dahulu kepada 20 orang siswa. Dari hasil tes awal diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 11orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 9 orang. Selanjutnya peneliti menindaklanjuti ke siklus I dengan menerapkan metode Polya. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas 9 orang (45%). Setelah dilakukan tindakan dengan beberapa kali perbaikan dari refleksi siklus I maka hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas 20 orang (100%), maka peneliti tidak menindaklanjuti ke siklus selanjutnya. Ini membuktikan bahwa penerapan metode Polya dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Parigi.

 

Kata kunci:     Metode Polya, Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Hasil Belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung