Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas I SDN Nambo Kec. Bungku Timur

Hasma Hasma, Saharuddin Barasandji, Muhsin Muhsin

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri dari beberapa aspek perlakuan dan pengamatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui metode bermain pada siswa kelas 1 SDN  Nambo Kecamatan Bungku Timur. Penelitian dilaksanakan  di SDN Nambo, melibatkan 17 orang siswa terdiri atas 12 orang laki-laki dan 5 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh daya serap individual 57,72 % dana ketuntasan belajar klasikal 23,52%. Dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan perolehan daya serap klasikal 78,31 % sedangkan ketuntasan belajar klasikal 88,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I SDN Nambo Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali.

Kata Kunci: Membaca Permulaan dan Metode Bermain

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung