Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Esperimen Sifat Cahaya Pada Pembelajaran IPA di Kelas V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan strategi belajar peta konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus dengan menggunakan metode eksprimen. Pembelajaran ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu (I) Tahap awal, (2) Tahap inti yang terdiri dari tga fase (I) fase eksplorasi (2) fase pengenalan konsep (3) fase aplikasi konsep,. (3) Tahap akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lalampu yang berjumlah 22 orang siswa terdiri dari 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan Rancanagan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Tingkat pencapaian pembelajaran sifat cahaya dengan menggunakan pendekatan eksperimen mengalami penigkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa kelas V SDN Lalampu pada setiap akhir pembelajaran tersebut dari siklus I dan siklus II, menujukan nilai rata-rata kelas yang cukup meningkat. Pada siklus I ketuntasan klasikal 70,04% dan pada siklus meningkat menjadi 77,27%. Dengan demikian penerapan pembelajaran sifat cahaya dengan menggunakan pendekatan eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Lalampu.
Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar Sains, dengan Pendekatan Berbasis Aktivitas
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung