Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Cetak Sebagai Sumber Belajar IPS di Kelas IV SDN Unsongi Kec. Bungku Timur Kabupaten Morowali

Yuliani Labinta, Imran Imran, Hasdin Hasdin

Abstract


Rumusan Masalah: Berdasarkan hasil observasi di SDN Unsongi Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali jarang menggunakan media sehingga hasil belajar siswa masih kurang, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai sisswa hanya 60,23 pada tahun ajaran 2013/204. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN Unsongi Kec.Bungku Timur Kab. Morowali. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Unsongi, melibatkan 17 orang siswa terdiri atas 6 orang laki-laki dan 11 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan diperoleh ketuntasan klasikal 27,27% dan daya serap klasikal 55,45%. Pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 36,36% dan daya serap klasikal 60% sedangkan pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100% dan daya serap klasikal 81,81%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media cetak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Unsongi.

Kata Kunci: Penggunaan Media Cetak dan Peningkatan Hasil Belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung