Penerapan Pendekatan Proses dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Puisi bagi Siswa Kelas IV SDN Dampala Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali

Nurhidayah Nurhidayah

Abstract


Permasalahan pokok penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis puisi siswa di kelas IV SDN Dampala Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya pemahaman siswa tentang materi menulis puisi, dalam proses pembelajaran siswa, guru hanya menggunakan metode ceramah saja tanpa adanya sebuah strategi untuk melaksanakan pembelajaran menulis puisi. Pola pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa hanya menjadi objek dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi berdasarkan pengalaman melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas IV di SDN Dampala. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dampala, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil dari pelaksanaan tindakan di kelas, menunjukkan bahwa melalui pendekatan keterampilan proses keterampilan siswa menulis puisi dapat ditingkatkan. Hal ini disimpulkan berdasar pada hasil tes siklus I siswa tuntas individu sebanyak 11 dari 23 siswa dengan rata-rata nilai 63,59 dan ketuntasan klasikal 47,8%, dan pada hasil tes siklus II, siswa yang tuntas individu sebanyak 22 siswa dari 23 siswa dengan nilai rata-rata 84,24 dan ketuntasan klasikal 95,6%. Pada hasil observasi kegiatan guru dan siswa dalam kegiatan belajar siklus I kategori cukup (C) dan siklus II dalam kategori sangat baik (A). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan keterampilan proses menulis puisi siswa kelas IV di SDN Dampala dapat ditingkatkan.

Kata Kunci: Pendekatan Proses dan Keterampilan Menulis Puisi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung