Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pemberian Tugas di SDN Silampayang
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Silampayang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan metode pemberian tugas di kelas IV SDN Silampayang. Penelitian dilaksanakan di SDN Silampayang, melibatkan 18 orang siswa terdiri atas 11 orang laki-laki dan 7 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan diperoleh daya serap siswa 48,88% dan ketuntasan belajar klasikal 30%, pada tindakan siklus I diperoleh daya serap siswa 74,44% dan ketuntasan klasikal 50% perolehan ini meningkat pada tindakan siklus II dengan perolehan daya serap siswa mencapai 87,77% sedangkan ketuntasan belajar klasikal mencapai 88,88%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dengan nilai daya serap inividu minimal 65 dan ketuntasan belajar klasikal sudah mencapai indikator keberhasilan minimal yaitu 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Silampayang.
Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, dan Metode Pemberian Tugas
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung