https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Kasimbar Melalui Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPS | Sumarniasi | Jurnal Kreatif Online

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Kasimbar Melalui Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPS

Ni Wayan Sumarniasi

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Kasimbar? Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan metode demosntrasi di kelas IV SDN 3 Kasimbar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas (PTK) yang dilaksanakan  di SDN 3 Kasimbar dengan menggunakan metode demonstrasi, melibatkan 18 orang siswa terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum melakukan penelitian, peneliti terlebih dahulu memberikan tes awal dengan hasil yang diperoleh yaitu ketuntasan belajar klasikal 30% dan daya serap klasikal 48,89%. Hasil Observasi aktivitas guru dan siswa yang diperoleh pada tindakan siklus I yaitu siswa 61,36% dan guru 60,41%. Kemudian pada siklus II hasil observasi aktivitas guru dan dan siswa  mengalami peningkatan, pada hasil observasi aktivitas guru mencapai 85,41% dan siswa mencapai 86,36%.  Adaun hasil penelitian yang diperoleh pada tindakan siklus I yaitu ketuntasan belajar klasikal 50% dan daya serap klasikal 74,44%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 88,88% dan daya serap klasikal 87,77%,. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa individu minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 3 Kasimbar.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPS


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung