Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SDN 10 Biau. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart, terdiri 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 10 Biau berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian diperoleh ketuntasan belajar klasikal siklus I mencapai 40% pada siklus II ketuntasan belajar klasikal menjadi 85%. Sehingga secara umum rata-rata peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 45%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 57,5% atau berada pada kategori cukup pada siklus II menjadi 92,5% atau berada pada kategori sangat baik, dengan rata-rata peningkatan hasil observasi guru dari siklus I kesiklus II adalah sebesar 35%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 52,5% kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 95% kategori sangat baik. Sehingga rata-rata peningkatan hasil observasi siswa dari siklus I kesiklus II adalah sebesar 42,5%.
50
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkaykan hasil belajar IPA pada pembelajaran perubahan wujud benda.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung