Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Melalui Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar di Kelas IV SDN 9 Bunobogu

Efriani Efriani, Lestari M.P Alibasyah, Ritman Ishak Paudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar siswa Kelas IV SDN 9 Bunobogu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I aktivitas siswa sebesar 62,5% dan aktivitas guru 81,2% meningkat pada tindakan siklus II aktivitas siswa sebesar 90,62% dan aktivitas guru 91,67%. Hasil belajar siswa pada tindakan siklus I yang tuntas secara individu berjumlah 16 orang dari 25 siswa sehingga diperoleh ketuntasan klasikal 64% dan daya serap klasikal sebesar 75,2%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 96% dan daya serap klasikal 91,2%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap klasikal minimal 70% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 75%. Berdasarkan daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN 9 Bunobogu.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Lingkungan Sekitar, Siswa Kelas IV


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung