https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Kelas IV SDN Tolole | Fatima | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Kelas IV SDN Tolole

Fatima Fatima

Abstract


Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa kelas IV SDN Tolole pada mata pelajaran PKn dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode pemberian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tolole pada mata pelajaran PKn melalui penggunaan metode pemberian tugas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, dengan subyek penelitian sebanyak 20 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui hasil tes evaluasi akhir setiap siklus, diperoleh siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 14 orang sedangkan pada siklus II sebanyak 19 orang. Daya serap klasikal pada siklus I yaitu 68.5% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi yaitu 75.0%. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 70.0% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95.0%. Hasil observasi aktifitas  guru pada siklus I diperoleh persentase rata-rata 58.9% termasuk kategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85.7% kategori sangat baik. Hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I diperoleh 69.5%, kategori baik, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu menjadi 88.7%, kategori sangat baik. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN Tolole dapat ditingkatkan melalui penerapan metode pemberian tugas.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pemberian Tugas

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung