Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SDN Mire Melalui Penggunaan Media Gambar Seri

Hasni Karawasa, Sahrudin Barasandji, Budi Budi

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan menulis karangan bahasa Indonesia dengan mengefektifkan penggunaan media gambar seri di kelas IV SDN Mire. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan bahasa Indonesia dengan mengefektifkan penggunaan media gambar seri di kelas IV SDN Mire. Rancangan PTK mengacu mengacu pada model Kurt Lewin dilaksanakan secara bersiklus. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi pembelajaran siswa sedangkan data kualitatif diperoleh dari kegiatan proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN Mire Kecamatan Ulubongka kabupaten tojo Una-Una. Peningkatan kemampuan menulis karangan tersebut ditandai dengan meningkatnya aspek-aspek ketrampilan menulis karangan dari siklus I ke siklus II, begitu juga dengan nilai ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I hanya mencapai 52,38 % sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,95%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar seri pada materi menulis karangan dikelas IV SDN Mire Kecamatan Ulubongka kabupaten tojo Una-Una dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana.

Kata Kunci: Kemampuan menulis, Karangan Sederhana dan Gambar Seri


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung