Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai Melalui Metode Diskusi Kelompok

Eresia Lamajau

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sampaka dapat meningkat melalui pengunaan metode diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sampaka kec. Bualemo, Kabupaten Banggai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri Sampaka tahun pelajaran 2013/2014 pada siswa Kelas V yang berjumlah 20 orang siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali tindakan (siklus). Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar melalui pengunaan metode diskusi kelompok kelas V SD Negeri Sampaka. Peningkatan dalam penelitian ini cukup berarti yakni dari rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 71,25% naik menjadi 80,42% pada siklus II atau naik sebesar 9,17%. Peningkatan juga terjadi pada  ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu, dari 60% pada siklus I meningkat menjadi 85%  pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 25%. Artinya bahwa hasil yang diperoleh tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebagaimana yang telah ditetapkan pada indikator penelitian ini yaitu sebesar 80% dan ketuntasan hasil belajar individu sebesar 65.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Diskusi Kelompok


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung