Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Hubungan Makanan Dan Kesehatan Melalui Teknik Discovery di Kelas V SD Inpres Basabungan Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai

Tesar Lakani

Abstract


Penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang hubungan makanan dan kesehatan IPA di kelas V SD Inpres Basabungan, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai, telah dilakukan melalui teknik discovery. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik discovery dapat meningkatkan prestasi belajar Hubungan makanan dan kesehatan siswa kelas V SD Inpres Basabungan, Kecamatan Pagimana. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas 60 ada 9 siswa atau 45%, dan siklus II siswa yang mendapat nilai di atas 60 ada 17 siswa atau 85% dari 20 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan teknik discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang Hubungan Makanan dan Kesehatan di kelas V SD Inpres Basabungan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Teknik Pembelajaran Discovery, Hubungan Makanan dan Kesehatan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung