Penerapan Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Slametharjo Kabupaten Banggai

Aswan Natalia, Bonifasius Saneba, Hasdin Hasdin

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS yang masih sulit dikuasai siswa hal ini dikarenakan metode pengajaran yang masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian metode ceramah menjadi lebih mendominasi proses belajar mengajar sehari-hari, sehingga banyaknya siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sedangkan standar ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah adalah 65. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan satu kali ulangan akhir siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 1 Slametharjo Kabupaten Banggai tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 27 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan meningkatnya hasil belajar IPS siswa, pada ulangan akhir siklus I persentase ketercapaian KKM 70,37%, sedangkan pada ulangan akhir siklus II persaentase ketercapaian KKM 85,18%. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I 65% dan siklus II 90% dengan kategori baik. Selanjutnya rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I 71,25% dan siklus kedua 91,25% dengan kategori amat baik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres 1 Slametharjo Kabupaten Banggai.

Kata Kunci: Penerapan Pembelajaran Berbasis Portofolio, Hasil Belajar IPS.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung