https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sifat Benda Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN 1 Kalangkangan Tolitoli | Rusmania | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sifat Benda Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN 1 Kalangkangan Tolitoli

Rusmania Rusmania

Abstract


Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kalangkangan pada mata pelajaan IPA.Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus dengan jumlah siswa 22 siswa, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada proses tindakan terdapat peningkatan keaktifan siswa dan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil tes siklus 1, berdasarkan ketuntasan belajar siswa dari jumlah 22 siswa terdapat 15 siswa atau 68,17 % yang sudah mencapai ketuntasan belajar dengan skor standar ketuntasan 75, dan 7 siswa atau 31,82 % belum mencapai ketuntasan belajar, sedangkan hasil tes siklus 2, berdasarkan ketuntasan belajar siswa dari 22  siswa terdapat 19 siswa atau 86,36 % yang sudah mencapai ketuntasan belajar dengan skor ketuntasan belajar yang sudah mencapai 75, sedangkan 3 siswa atau 13,64 % belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada pelajaran IPA pokok bahasan sifat benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN I Kalangkangan.

Kata Kunci: Metode demonstrasi, Hasil belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung