Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Group Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Labuan Lobo Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli

Nurhayani Nurhayani

Abstract


Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Labuan Lobo Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi group (kelompok) pada siswa kelas IV SDN 1 Labuan Lobo. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan jumlah siswa 16 orang. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata 75,93. Hasil tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 93,75% dengan nilai rata-rata 88,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi group dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Labuan Lobo Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Group, IPA, Hasil Belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung