Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Tolitoli
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Tolitoli. dalam pembelajaran IPS. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Tolitoli Tolitoli dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi Berdasarkan data hasil angket motivasi belajar siswa siklus I kategori sangat baik sebesar 8%, kategori baik sebesar 68% dan kategori cukup sebesar 24%. Sedangkan untuk kategori motivasi belajar kurang 0%. Dari data ini menunjukkan bahwa kategori motivasi belajar siswa terbesar adalah baik yaitu 68%. Pada siklus II sangat baik 12 %, kategori baik sebesar 88 %. sedangkan untuk kategori, cukup 0 % dan kurang 0 %. Hal ini menunjukkan bahwa kategori motivasi sangat baik mengalami peningkatan 4 %, sedangkan kategori baik miningkat sebesar 20 %. Hal ini berarti bahwa siswa dengan kategori motivasi belajar cukup jumlahnya menurun. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa: Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 6 Tolitoli.
Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Media Gambar
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung