Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau di Kelas V SDN 3 Tolitoli
Abstract
Permasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 3 Tolitoli dalam pokok bahasan tumbuhan hijau. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tumbuhan hijau melalui penerapan pendekatan konstruktivisme di kelas V SDN 3 Tolitoli. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah siswa di dalam kelas 18 orang anak terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Dari hasil tes siklus I siswa tuntas pada pertemuan 1 sebanyak 8 orang dan pertemuan 2 sebanyak 10 orang dari 18 siswa, dengan skor rata-rata 63,3 dan 67,7 dengan ketuntasan klasikal 44,4% dan 55,6%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 sebanyak 15 dan 18 orang dari 18 siswa dengan skor rata-rata 88,9 dan 92,8 dengan ketuntasan klasikal 83,3% dan 100%. Berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tumbuhan hijau di kelas V SDN 3 Tolitoli.
Kata kunci: Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar, Tumbuhan Hijau
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung