https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN 2 Tolitoli Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Sampai 20 Dalam Bentuk Soal Cerita | Septrijiwati | Jurnal Kreatif Online

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN 2 Tolitoli Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Sampai 20 Dalam Bentuk Soal Cerita

Israeni Wage Septrijiwati, I Nyoman Murdiana, Baharuddin Paloloang

Abstract


Berdasarkan hasil observasi peneliti ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk soal cerita pada siswa kelas I SDN 2 Tolitoli. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD materi penjumlahan dan pengurangan sampai 20 dalam bentuk soal cerita pada siswa kelas I SDN 2 Tolitoli. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN 2 Tolitoli.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan data hasil penelitian hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 88,46% dan siklus II mencapai 96,15%. Begitu juga aktivitas belajar kelompok siswa pada setiap siklus berlangsung sangat baik.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD materi penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk soal ceritadapat meningkatkan hasil belajar siswasiswa kelas I SDN 2 Tolitoli.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif TipeSTAD; Hasil Belajar; Bentuk Soal Cerita; Penjumlahan dan Pengurangan Sampai 20


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung