https://portalderevistas.uam.edu.ni/files/toponline/ http://210.57.208.166/obctoponline/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/ http://macasa.mx/ http://info.andes.edu.mx/ http://uat.sewrob.com/ https://ardpension.com/ https://tubitak2237.usak.edu.tr/storage/pisangtoto/ https://ustech.usak.edu.tr/storage/obcbet/ https://bahanacitapersada.com/ https://ppdb.bahanacitapersada.com/ https://167.71.57.184/ https://159.89.125.203/
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif STAD di Kelas IV SDN 2 Siney | Said | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif STAD di Kelas IV SDN 2 Siney

Mohamad Said, Dwi Septiharti, Anthonius Palimbong

Abstract


Rendahnya daya serap, hasil belajar dan ketuntasan klasikal disebabkan oleh pengajaran yang didominasi oleh keaktifan guru mengajar tanpa adanya peluang bagi siswa untuk menunjukan keaktifannya. Siswa lebih diposisikan sebagai penerima informasi yang sebenarnya siswa juga dapat dijadikan sumber informasi berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya. Hal ini juga termasuk metode mengajar guru yang cenderung menggunakan ceramah yang sifatnya mendikte secara teori dari buku-buku sumber yang dapat menimbulkan kurangnya minat belajar siswa pada pembelajaran PKn. Desain atau model penelitian ini adalah menggunakan model desain PTK. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan menerapkan metode diskusi kelompok pada setiap pelaksanaan tindakan. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan, pada peneltiian ini dapat diambil kesimpulan yaitu: hasil belajar siswa siklus I, tuntas individu 19 orang dan tidak tuntas individu 16 orang, persetase ketuntasan daya serap klasikal 74%, dan persentase ketuntasan belajar klasikal 61%. Terjadi peningkatan di siklus II, dimana tuntas individu 23 orang, dengan persentase daya serap kelasikal 98 %, dan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 88%. Penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SD Inpres 2 siney Kecamatan Tinombo Selatan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tipe STAD, PKn


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung