Penerapan Alat Peraga Kubus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sifat-Sifat Bangun Ruang Di Kelas IV

Qitra Sandi, Mustamin Idris, Linawati Linawati

Abstract


Latar belakang masalah dilakukan penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SDK Ogomojolo masih sangat rendah dalam memahami materi sifat-sifat bangun ruang kubus. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal dimana dari 14 jumlah siswa, yang tuntas hanya ada 5 orang saja. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menjawab soal merupakan indikator kesulitan siswa. Kemungkinan juga model atau metode pembelajaran kurang sesuai dengan tingkat berpikir siswa. Oleh karena itu peneliti terdorong untuk mengadakan perbaikan terhadap proses pembelajaran yaitu melalui penerapan media atau alat peraga kubus agar siswa aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar meningkat. Penelitian dilaksanakan di SDK Ogomojolo dengan Jumlah siswa 14 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan alat peraga kubus dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sifat-sifat bangun ruang di kelas IV SDK Ogomojolo. Manfaat penelitian bagi siswa adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena siswa lebih aktif dalam pembelajaran serta memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi dengan menggunakan alat peraga. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model bersiklus yang mengacu pada model tim pelatih proyek PGSM yang terdiri dari 4 fase yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Adapun jenis data penelitian ini adalah (1) data kualitatif berupa data aktifitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran (2) data kuantitatif berupa data hasil belajar siswa dalam mengerjakan tes yang mencakup tes awal dan tes akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) teknik observasi (2) teknik tes dan (3) teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga kubus dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal disetiap siklus, pada siklus I ketuntasan individu 63 dan ketuntasan klasikal 57%. Pada siklus II, ketuntasan individu dari 53 pra tindakan mencapai 83 dan ketuntasan klasikal dari 36% pra tindakan meningkat menjadi 93% setelah tindakan (siklus II). Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan alat peraga kubus memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDK Ogomojolo dalam pembelajaran sifat-sifat bangun ruang khususnya dalam menentukan sifat-sifat kubus.

Kata Kunci: Alat Peraga, Hasil Belajar, Sifat-sifat Bangun Ruang


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung