Peningkatan Kemampuan Siswa Pada Materi Lambang Bilangan Dengan Menggunakan Kartu Bilangan di Kelas I SDN 2 Kabalutan Indah, Akina, dan Anggaini

Indah Indah, Anggaini Anggaini, Akina Akina

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Permasalahan pokok yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa tentang lambang bilangan. Sehingga dilakukan penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah “Bagaimana penggunaan kartu bilangan yang dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi lambang bilangan di Kelas I SDN 2 Kabalutan?”. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 2 Kabalutan yang berjumlah 24 orang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan belajar siswa pada materi lambang bilangan di Kelas I SDN 2 Kabalutan Kecamatan Walea Kepulauan dengan menggunakan kartu bilangan. Rancangan penelitian mengacu pada model penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan (planning), aksi atau tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Data diperoleh dari hasil tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pelaksanaan dua siklus tindakan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan belajar siswa yang dibuktikan dengan ketuntasan belajar klasikal siklus I diperoleh persentase 51,39% dan pada siklus II dengan persentase 87,5%. Sedangkan pada observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 51,85% dengan kategori cukup dan aktivitas guru dengan persentase 73,96% dengan kategori baik. Pada siklus II diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 86,11% dengan kategori baik sekali dan aktivitas guru dengan persentase 93,75% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian penggunaan kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi lambang bilangan di Kelas I SDN 2 Kabalutan.

Kata Kunci: lambang bilangan, kartu bilangan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung