https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Melalui Metode Eksperimen di Kelas VI SDN 21 Ampana | Maula | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Melalui Metode Eksperimen di Kelas VI SDN 21 Ampana

Said Maula, Amran Rede, Amiruddin Kade

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat kegiatan yang dilakukan dengan siklus berulang yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Desain penelitian ini mengacu pada diagram yang dicantumkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa Kelas VI SDN 21 Ampana. Masalah yang akan diselidiki adalah kualitas proses pembelajaran yang terjadi di kelas VI SDN 21 Ampana pada pelajaran sains. Alternatif pemecahan masalah adalah melalui metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas VI SDN 21 Ampana, dengan jumlah siswa 15 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II baik dari hasil belajar maupun aktivitas belajar. Pada tes awal siswa yang tuntas 2 orang (persentase tuntas klasikal 13,33%) dan (daya serap klasikal 56%). Pada siklus I siswa yang tuntas 10 orang (persentase tuntas klasikal 66,67% dan daya serap klasikal 74%). Pada siklus II meningkat menjadi siswa yang tuntas 13 orang  atau persentase ketuntasan klasikal 86,67% dan daya serap klasikal 82,67%. Pada siklus II sudah memenuhi standar ketuntasan belajar, demikian pula dengan hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan aktivitas guru. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 76,04%  dengan kategori cukup meningkat menjadi  85.41% dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas pembelajaran guru juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari  76.56% dengan kategori cukup meningkat menjadi 82.03% dengan kategori baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 21 Ampana.

Kata Kunci: Hasil   Belajar, Metode Eksperimen.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung