https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Energi Bunyi Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Di Kelas IV SDN 1 Siwalempu | Asrini | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Energi Bunyi Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Di Kelas IV SDN 1 Siwalempu

Asrini Asrini, Ratman Ratman, Najamuddin Laganing

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahya hasil belajar Siswa dirumuskan sebagai berikut: Apakah melalui penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi bunyi di Kelas IV SDN 1 Siwalempu. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang diperoleh adalah kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan yang berarti baik pada aktivitas guru dan siswa pada saat proses belajar maupun hasil belajar memahami konsep  bunyi. Peningkatan itu dapat terlihat pada setiap siklus kesiklus. Siklus satu tingkat penguasaan siswa cukup, siklus dua tingkat penguasaan siswa baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 58,72 dan hanya terdapat 12 siswa yang tuntas atau 25% dari 48 jumlah siswa, sedangkan pada siklus II  nilai rata-rata perolehan siswa 78,87 dan terdapat 44 siswa yang tuntas atau 91,6% dari 48 siswa. Meskipun masih terdapat 4 siswa yang belum tuntas tapi dari hasil presentasi ketuntasan klasikal penelitian ini dikatakan berhasil. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang konsep energi  bunyi di SDN 1 Siwalempu.

Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Energi Bunyi, dan Penerapan Keterampilan Proses


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung