Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Macam-Macam Usaha dan Kegiatan Ekonomi Di Indonesi Dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Kelas V SDN No. 1 Bou Kabupaten Dongala

Moh. Sa’ban, Misnah Misnah, Yusdin Gagarumusu

Abstract


Metode dalam pembelajaran sangat mempengaruhi  tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Di kelas V SDN No. 1 Bou, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran IPS terutama paa materi Macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Maka perlu penggunaan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa yang salah satunya adalah dengan penggunaan metode Role Playing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS, melalui metodee Role Playing di kelas V SDN No.1 Bou. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 42 orang siswa yang terdiri dari 23 laki-laki dan 19 perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, dengan perolehan hasil tes siklus I nilai rata-rata 60,95 dan ketuntasan 71,42%, siklus II mencapai nilai rata-rata 78,21 dan ketuntasan  95,23%. Maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pada pokok bahasan macam usaha di kelas V SDN No.1 Bou.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia dan Metode Role Playing


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung