https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN Mantangisi Dalam Membaca Intensif Melalui Metode Pemberian Tugas | Yulan | Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN Mantangisi Dalam Membaca Intensif Melalui Metode Pemberian Tugas

Yulan Yulan, Efendi Efendi, Budi Budi

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam membaca intensif dengan tujuan meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN Mantangisi, yang terdiri dari 16 orang siswa perempuan dan 8 orang siswa laki-laki mengunakan metode pemberian tugas. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan lima langkah mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu refleksi awal, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi akhir. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang terdiri dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang dianalisis dengan tahapan mengacu pada model Miles dan Huberman yakni (1) mereduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan dan verivikasi. Data kuantitatif berupa data hasil tes/evaluasi siswa yang dianalisis menggunakan rumus yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan tes essay. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan belajar siswa, dibuktikan dengan hasil analisis tes diperoleh pada siklus 1 yaitu dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 67% dan daya serap klasikal sebesar 70%. Pada siklus 2 diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 100% dan daya serap klasikal 75,41%. Dengan demikian metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN Mantangisi.

Kata Kunci: Kemampuan Siswa; Membaca Intensif; Metode Pemberian Tugas.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung