Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Permainan Siswa Kelas IV SDK Uwemea

Gusti Made Erni Suciani, Abduh H. Harun, Yusdin Gagaramusu

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Penerapan Metode Permainan Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDK Uwemea?” tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Metode Permainan di Kelas IV SDK Uwemea. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan datanya observasi dan tes teknik analisis data menggunakan rumus ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode permainan sangat efektif meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDK Uwemea. Hal ini dapat dilihat pada tindakan siklus I daya serap klasikal mencapai 72,94% dan ketuntasan belajar klasikal 61,11%. Kemudian Pembelajaran pada siklus II diperoleh daya serap klasikal 82,35% dan ketuntasan belajar klasikal 94,44%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai rata-rata daya serap klasikal minimal 70% dan ketuntasan belajar klasikal memperoleh nilai minimal 80%. Dari aspek aktifitas guru dan siswa telah baik mencapai persentasi pengamatan 85,71% dari aktifitas guru dan 86,66% pada aktifitas siswa. Ini dapat dikatakan penelitian tindakan ini telah berhasil.

Kata Kunci: Prestasi belajar, metode permainan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung