https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran PKn Tentang Menghargai Dan Menaati Keputusan Bersama Kelas V SDN Inpres 3 Tolai | Mirniati | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran PKn Tentang Menghargai Dan Menaati Keputusan Bersama Kelas V SDN Inpres 3 Tolai

Ni Ketut Mirniati

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM 65% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh pada mata pelajaran PKn adalah 54,67. Maka rumusan masalahnya adalah apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Inpres 3 Tolai pada mata pelajaran PKn khususnya materi menghargai dan menaati keputusan bersama.Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam proses pembelajaran. dengan melalui metode diskusi pada siswa kelas V SDN Inpres 3 Tolai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan berakhir pada siklus kedua yang telah berhasil, di mana tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Inpres 3 Tolai yang berjumlah 18 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Inpres 3 Tolai terungkap bahwa metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam bentuk diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti selama satu bulan dimulai pada hari selasa tanggal 25 Februari 2014 sampai hari selasa tanggal 18 Maret 2014. Terlihat jelas dalam pelaksanaan tindakan siklus pertama sampai siklus kedua. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 50% danĀ  daya serap klasikal 60% menjadi meningkat pada pelaksanaan siklus II pada dengan perolehan persentase pada ketuntasana belajar klasikal sebesar 88,88% dan persentase pada daya serap klasikal sebesar 70,55%.Aktivitas guru yang dicapai pada pertemuan pertama 46 dari skor maksimal 56 sehingga persentase yang diperoleh sebesar 82,1%. Hasil observasi pada pertemuan kedua diperoleh skor total aktivitas guru sebanyak 54 dari skor maksimal 56 sehingga besaran persentase yang dicapai sebesar 96,4%.Aktivitas siswa terlihat bahwasa jumlah skor yang diperoleh pada pertemuan pertama sebanyak 26 dari skor maksimal 32 sehingga perolehan persentase pada observasi sebesar 81,2%. Selanjutnya pada pertemuan kedua di siklus II diperoleh skor aktivitas siswa sebanyak 31 dari skor maksimal 32, jika dirata-ratakan persentase pencapaian sebesar 96,8%.

Kata Kunci:Metode Diskusi, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung