https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Heads Together di Kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan | Mana’a | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Heads Together di Kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan

Sriwinda Mana’a, Bonifasius Saneba, Anthonius Palimbong

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkun Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Lalong dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui tipe NHT (Numbered Heads Together). Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD sebanyak 24 orang, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua cara yaitu : Tes tertulis dan Observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan  pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri Lalong Kecamatan Tinangkung Utara. Hal tersebut dapat dilihat dari: 1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh klasifikasi kurang, pada siklus II telah memperoleh klasifikasi sangat baik; 2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh klasifikasi kurang, meningkat pada siklus II dengan klasifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari daya serap, ketuntasan, dan post tes siswa sebagai berikut: a) Daya serap siswa pada siklus I memperoleh nilai rata–rata 66,29 meningkat pada siklus II menjadi 81,95; b) Ketuntasan siswa pada siklus I dengan hasil tidak tuntas meningkat pada siklus II dengan hasil yang tuntas; c) Post test yang diperoleh siswa pada siklus I memperoleh nilai 68,45 meningkat pada siklus II dengan nilai rata–rata 85,87.  Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode Numbered Heads Together di Kelas IV SD Negeri Lalong.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung