Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Pada Materi Susunan Pemerintahan Daerah Melalui Metode Bermain Peran Di Kelas IV SD DDI Siboang

Baswan Baswan

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD DDI Siboang. Rumusan masalah yang diajukan yaitu apakah dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD DDI Siboang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian model Kemis dan Mc Taggart. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD DDI Siboang yang berjumlah 23 orang. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh persentase kentuntasan klasikal sebesar 56,52%, persentase daya serap klasikal 62,39%. Pada siklus II hasil tes tindakan meningkat. Siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 91,30%, persentase daya serap klasikal sebesar 80,21%. Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD DDI Siboang.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Bermain Peran


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung