Meningkatkan Hasil Pemahaman Siswa Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN No. 1 Bonemarawa Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala

Purwati Purwati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri beberapa aspek perlakuan dan pengamatan utama yaitu peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa  Kelas IV SDN.No.I.Bonemarawa? Penelitian dilaksanakan di SDN No.1 Bonemawara, melibatkan 38 siswa terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan yang terdaftar.pada.tahun.ajaran.2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain Kemmisdan.Mc..Taggart.yang.terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan nilai mencapai 53,6. Pada tindakan siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,3. Pada tindakan siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 8,6 Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 8,6% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 97,3%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas IV SDN No. I Bonemarawa Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala.

Kata Kunci: Hasil Pemahaman, pembelajaran IPS, Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung