https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VI SDN No. I Polando Jaya Kabupaten Donggala | Pah | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VI SDN No. I Polando Jaya Kabupaten Donggala

Victor O. J Pah

Abstract


Penelitian  ini  adalah  penelitian tindakan  kelas dengan menerapkan  Model Pembelajaran diskusi . Model pembelajaran Diskusi  adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberi kesempatan pada sisiwa (kelompok) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternative pemecahan suatu masalah. Masalah yang  hendak  dipecahkan  dalam  penelitian  ini  adalah  apakah  dengan  model pembelajaran diskusi kelompok  dapat  meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VI SDN No. I Polando Jaya.  Penelitian  ini  terdiri  dari dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari  empat  tahap  yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian  ini  melibatkan 10 siswa  dikelas VI SDN No. I Polando Jaya, yang  tediri  dari 6  siswa  laki-laki dan 4  siswa  perempuan Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terjadi  peningkatan hasil belajar siswa seiring  dengan  diterapkannya  model pembelajaran diskusi yakni  dapat  dilihat  dari  hasil  observasi aktivitas siswa yang  diperoleh  pada  siklus I, yakni  56,67% dan  71,67%, serta aktifitas  siswa  dalam kategori cukup. Pada  siklus  II  diperoleh 73,33% dan 88,33% dengan  peningkatan aktifitas siswa berada dalam kategori sangat baik dan hasil belajar siswa pada siklus I yang diperoleh daya serap klasikal yaitu 78% dan pada siklus II daya serap klasikal 92%  Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian  menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran diskusi  dapat meningkatkan hasil belajar siswa  dikelas VI SDN No. I Polando Jaya

Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar Siswa dan Metode Diskusi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung