Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) Pada Siswa Kelas IV di SDK Jononunu

Rismawati Rismawati

Abstract


Permasalahan yang mendasar dalam penelitian ini adalah rendahnya daya serap siswa kelas IV SD Kecil Jononunu . Dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan telah dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD SD Kecil Jononunu, Dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yang mengacu pada model Kemmis dan MC Tager yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil tes tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 50% dan daya serap klasikal 64,2%. dan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 85,7% dan daya serap klasikal 80,7%. Berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas siswa diperoleh nilai 68,7% yang dikategorikan Cukup sedangkan observasi aktivitas guru diperoleh nilai 65,6% yang dikategorikan cukup. Sedangkan pada siklus II observasi aktivitas siswa diperoleh nilai diperoleh 91,6% yang dikategorikan sangat baik sedangkan observasi aktivitas guru diperoleh nilai 89%. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan indikator kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di siswa kelas IV SD Kecil Jononunu.

Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar Siswa, dan Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung