https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran PKn Tentang Menghargai Dan Menaati Keputusan Bersama Kelas V Di SDN Kecil Olobaru | Simpan | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran PKn Tentang Menghargai Dan Menaati Keputusan Bersama Kelas V Di SDN Kecil Olobaru

Agustina Simpan

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada hasil belajar siswa rendah, maka menerapkan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Kecil Olobaru. Sehingga masalah penelitianyan adalah Apakah Metode Diskusi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Tentang Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama di Kelas V SDN Kecil Olobaru?”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya tes dan observasi, teknik analisis datanya adalah menggunakan rumus ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil analisis ujian hasil belajar siswa kelas V SDN Kecil Olobaru pada tindakan siklus I diperoleh skor tertinggi 75 dan skor terendah 35 dari jumlah siswa 25 siswa yang mengikuti tes, dimana terdapat 13 siswa yang tuntas serta 12 siswa yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 52% dan persentase daya serap klasikal 63,12% kemudian pada hasil analisis ujian hasil belajar siswa kelas V SDN Kecil Olobaru pada tindakan siklus II diperoleh skor tertinggi 85 dan skor terendah 55 dari jumlah siswa 25 siswa yang mengikuti tes, dimana terdapat 22 siswa yang tuntas serta 3 siswa yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 88% dan persentase daya serap klasikal 72,91%. Berdasarkan hasil observasi kegiatan guru pada siklus I, terlihat bahwa hasil observasi kegiatan guru pada siklus I dalam beberapa aspek sudah baik, namun masih banyak dalam kategori rendah dan sedang. Dari hasil observasi tersebut menunjukkan bahwa siklus I pertemuan I, skor yang diperoleh 27 dari skor ideal 44 dengan jumlah persentase sebesar 61,36% dan pada pertemuan kedua mendapatkan persentase sebesar 70,45% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil observasi kegiatan guru pada siklus II, terlihat bahwa hasil observasi kegiatan guru pada siklus II mengalami peningkatan, yaitu jumlah skor 36 dari skor maksimal 44 dengan persentase 81,81% pada pertemuan I dan pada pertemuan ke dua mendapatkan persentase sebesar 93,18% dengan kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh sangat baik.

Kata Kunci: Hasil belajar, Metode diskusi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung