Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Demonstrasi di Kelas III SD Inpres Laemanta
Abstract
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III SD Inpres Laemanta.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Inpres Laemanta melalui penerapan metode demonstrasi. Rancangan penelitian dilakukan dalam 2 siklus, dengan tiap siklusnya melalui 4 tahap, yaitu : (I)Perencanaan, (2)pelaksanaan, (3)observasi, (4)refleksi. Penelitian ini dilakukan di Kelas III SD Inpres Laemanta tahun pelajaran 2013/2014 dengan 21 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes akhir tindakan dan lembar observasi aktifitas guru dan siswa pada tiap siklus. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan perolehan skor yaitu tes awal dengan skor daya serap klasikal 57,14% dan ketuntasan belajar klasikal 38,09%, siklus I skor daya serap klasikal 63,33% dan ketuntasan belajar klasikal 61,90%, siklus II skor daya serap klasikal 75,23%, dan ketuntasan belajar klasikal 90,47%. Peningkatan daya serap klasikal, dan ketuntasan belajar klasikal membuktikan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Inpres Laemanta.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Metode Demonstrasi; Siswa Kelas III
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung