Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Dengan Menggunakan Metode Diskusi Di Kelas III SD Inpres Banpres Posona
Abstract
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah pemahaman yang minim pada pelajaran PKn, sehingga hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Banpres Posona tidak mencapai target yang ditentukan sesuai dengan KKM yaitu 70.Oleh sebab itu peneliti ingin menggunakan metode yang bisa meninggkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian evaluasi dan observasi/ pengamatan serta data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan pemberian tes individu kepada siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan materi kekhasan bangsa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil pada tindakan siklus I siswa yang tuntas 9 dari 13 siswa dengan ketuntasan klasikan 69, 2 %, aktivitas guru sebesar 70,8 % dalam kategori baik ,aktivitas siswa sebesar 63,8 % dalam kategori cukup. Hasil belajar siklus II siswa yang tuntas 13 dari 13 siswa dengan ketuntasan klasikal 100%, aktivitas guru 93,7 %, aktivitas siswa 94,4 % dan berada dalam kategori sangat baik.Berdasarkan indikator kinerja keberhasilan penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa metode diskusi dapat meningktkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas III SD Inpres Banpres Posona.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Diskusi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung