Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas V SD Inpres 3 Kasimbar Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri Dengan Metode Latihan

Ambo Tuwo, Syamsuddin, Syamsuddin,, Idris Patekkai

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis karangan siswa kelas V SD Inpres 3 Kasimbar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil tes awal yang telah dilakukan. Peningkatan kemampuan siswa menulis karangan narasi merupakan tujuan penelitian ini. Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode latihan. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus melalui empat tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Inpres 3 Kasimbar pada tahun ajaran 2013-2014. Adapun subjek penelitian adalah penggunaan media gambar seri dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan metod latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Karangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi, dilihat pada nilai ketuntasan belajar klasikal yaitu pada siklus I tuntas sebanyak 35% dan ketuntasan belajar klasikal pada siklus II tuntas sebanyak 90%.

Kata Kunci: Karangan Narasi, Kemampuan Menulis, Gambar Seri


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung